Industri Hilir Pinang Dibutuhkan Untuk Mendapatkan Nilai Tambah Bagi Masyarakat


23 Mei 2019   Yandi Hajrudin   09:03:31   109

Sumber foto : http://layarberita.com

Provinsi Jambi adalah salah satu Provinsi penghasil pinang (areca nut) selain Sumatera Barat, Riau, Sumatera Utara, dan Aceh. Luas perkebunan pinang di Provinsi Jambi 20.986 hektar dengan produksi 13.395 ton (sumber : Dinas Perkebunan Provinsi Jambi 2017).

Penghasil pinang terbanyak di Provinsi Jambi adalah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pinang sebagai salah satu produk unggulan Provinsi Jambi sudah sudah menjadi komoditas ekspor ke negara-negara seperti Pakistan, India, Bangladesh. Namun beberapa waktu lalu ekspor pinang menjadi masalah karena negara tujuan ekspor utama pinang seperti Pakistan menetapkan larangan impor, sedangkan India dan Bangladesh menetapkan bea masuk yang sangat tinggi mencapai 108 %. Pinang yang diekspor masih dalam bentuk biji pinang.

Untuk mendapatkan nilai tambah bagi masyarakat, dibutuhkan industri hilir komoditas pinang seperti teh pinang, kopi pinang, permen pinang. Selain itu potensi pengolahan limbah pinang seperti piring dari pelepah pinang juga dapat dibuat usaha kreatif yang menghasilkan nilai tambah.
(Bidang Promosi DPMPTSP Prov. Jambi)



0 Komentar :

Copyright © 2018 Seksi Pengaduan Dan Informasi DPM-PTSP Provinsi Jambi